Peta Dunia Terlengkap Diluncurkan

TOKYO- Peta dunia paling lengkap yang mencakup seluruh dataran permukaan bumi akan diluncurkan dalam waktu dekat. Data peta yang memuat 1,3 juta gambar itu merupakan hasil kerja sama NASA dan Kementerian Perdagangan Jepang.

Gambar-gambar permukaan bumi itu dikerjakan dengan tingkat ketelitian yang tinggi oleh Badan Angkasa Luar, Emisi, dan Radiometer (Advanced Spaceborne Thermal Emission and Reflection Radiometer/ASTER). Hasil pencitraan elevasi secara digital itu diklaim mencakup 99 persen dari seluruh permukaan bumi, dan itu (peta) bebas diunduh dan digunakan oleh siapa saja.

Satelit Terra yang selama ini didedikasikan untuk memonitor pergerakan bumi, mengambil peran penting dalam penentuan tata letak geografis gunung-gunung secara akurat.

Menurut perhitungan ASTER, gunung-gunung lokal di seluruh dunia bisa dilihat dari jarak 30 meter yang diperkecil. ”Ini adalah peta paling komplit dan paling konsisten secara digital yang ada di dunia saat ini,” ujar Woody Turner, ilmuwan NASA yang bekerja untuk program misi di ASTER. (BBC/val)

This entry was posted in Berita Foto, Internasional and tagged , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Peta Dunia Terlengkap Diluncurkan

  1. chris says:

    hebaaaaaaat……!!!manusia mkin pintr,plus teknologix,,,,!

  2. thalita calista says:

    wihhhhhh skrg manusia makin pinter nihhh