Alumni PTKI Siap Kerja

MEDAN-Siapa yang tak kenal Pendidikan Teknologi Kimia Industri (PTKI). Perguruan tinggi ini dikenal sebagai perguruan tinggi penghasil tenaga kerja yang siap pakai dan alumninya selalu menjadi rebutan industri besar.

PTKI adalah perguruan tinggi milik negara di bawah naungan Departemen Perindustrian RI. Dibangun dan mulai dikembangkan sejak tahun 1983 sesuai SK Menteri Perindustrian RI Nomor: 467/M/SK/12/1986 dengan bantuan Grant Aids dari Pemerintahan Jepang (JICA).

Menurut Kepala PTKI Medan Marjoni M, SE MM, saat ini perguruan tinggi yang dipimpinnya telah mengimplementasikan sistem terciptanya SDM yang mampu memenuhi kebutuhan dunia industri. Lulusannya memenuhi standar kerja dunia industri, sesuai implementasi sistem manajemen mutu
 ISO 9001:2000. Sistem pendidikan terintegrasi dengan praktik kerja langsung di fasilitas kampus seluas delapan hektar yang terletak Jalan Medan Tenggara VII.

Jenjang pendidikan pada Pendidikan Teknologi Kimia Industri Medan adalah Diploma III dengan gelar Ahli Madya. Jurusan yang disediakan ada dua yang dikonsentrasikan pada teknologi proses dan maintenance pabrik yaitu: Jurusan Teknologi Kimia Industri (Terakreditasi B) dan Teknologi Mekanik Industri  (Terakreditasi B).

Sejak berdiri sampai sekarang, PTKI telah meluluskan 3.604 tenaga kerja siap pakai dan sudah tersebar bekerja pada industri-industri di dalam dan luar negeri. Diantaranya PT Toba Pulp Lestari, PT RAPP, PT Ecogreen, PT SOCI, Dow Agro, PT Asahimas, PT Bluscope, Steel. Beberapa alumni PTKI Medan malah bekerja di industri pengeboran minyak di Timur Tengah.

Untuk mendukung kemampuan lulusan pada PTKI Medan dilengkapi 20 unit laboratorium dengan fasilitas lengkap. Diantaranya, laboratorium mikroskop electron, laboratorium material test, pabrik mini, workshop serta fasilitas lain dengan dukungan tenaga pengajar yang banyak mengikuti pelatihan di Jepang.
“Mahasiswa kita yang belum wisuda banyak yang diminta bekerja pada industri di Sumatera Utara dan Riau” demikian Marjoni.

Bicara uang kuliah, di PTKI Medan tergolong murah. Hanya Rp1 juta per semester. Calon mahasiswa terbuka dari tamatan SMU, MAN, SMTI, SMK Kimia dan Farmasi untuk jurusan Teknologi Kimia Industri. Siswa tamatan SMA, MAN, SMTI, SMK Mesin, Otomotif, elektro, elektronika dapat mendaftra untuk jurusan Teknologi Mekanik Industri.

Sedangkan persyaratan pendaftaran adalah mengisi formulir yang sudah disediakan oleh panitia dengan melampirkan fotocopy STTB yang telah dilegalisir, pas foto 3×4 sebanyak tiga lembar dan Surat Keterangan Berkelakuan Baik (SKBB) dari sekolah serta biaya pendaftaran sebesar Rp100 ribu.

Waktu pebdaftaran untuk gelombang I pada tanggal 8 Juni sampai 11 Juli 2009. Untuk gelombang II pada tanggal 21 Juli sampai 12 Agustus 2009. Jadwal testing gelombang I pada tanggal 13 dan 14 Juli 2009 dan Gelombang II pada tanggal 13 dan 14 Agustus 2009, adapun mata pelajaran yang diujiakan adala: Kimia, Fisika, Matematika dan Bahasa Inggris.(rel/mag-1)

This entry was posted in Pendidikan. Bookmark the permalink.

29 Responses to Alumni PTKI Siap Kerja

  1. Tarmizi IP Parinduri says:

    MOHON KIRANYA PTKI DAPAT MEMUAT DATA ALUMNI + NO. HP DAN LOKASI KERJA/ALAMAT SAAT INI, UNTUK MENINGKATKAN TALI SILATURAHMI

    WASSALLAM
    TIP PARINDURI ( PERKEB. SINAR MAS PALEMBANG )
    STB 94 ALUMNI 98

  2. Antoni Hiras Sagala says:

    Saya juga setuju kalau ada nama dan Hp teman-teman yang bisa dihubungi, semoga PTKI Tetap jaya dan terus meningkatkan kualitas SDM yang masuk menjadi calon mahasiwa/i,sehingga mampu bersaing dengan ALUMNI yang lain, karena mahasiwa OJT/ PKL PTKI di PT. Inalum masih kurang bisa memberikan warna yang berbeda dengan yang lain masih rata-rata air, terutama dalam berkomunikasi dalam bahasa Inggris, kalau boleh saya saran supaya mahasiwa PTKI terbiasa menulis laporan dalam bahasa inggris,kalau bisa saya sarankan laporan praktek dikampus sebaiknya di ketik dalam Bahasa inggris.

    Salam

    Antoni Hiras Sagala (PT.INALUM)
    STB’95 ALumni 98.
    081263115700

  3. iqbal says:

    di ptki apa bisa dari jalur pmp

  4. reynold sitorus says:

    Saya sangat setuju dengan pendapat bang Antoni, Alumni PTKI boleh dibilang masih kalah saing dengan perguruan tinggi yang lain masalah B.Inggris & komputer. Karena pengalaman di tempat kerja saya rata2 perguruan tinggi yang lain sangat mahir dengan 2 bidang tersebut terutama alumni dari jawa.
    Tapi klo masalah kemampun kita sangat bisa diandalkan. semoga saran saya dapat dipertimbangkan. THX

    Salam,

    Reynold Sitorus (PT ESCO BINTAN INDONESIA)
    ST’00
    081370331145

  5. jhonfreddytobing says:

    kiranya saya bisa masuk ke universitas ini

  6. Herman sonny RH Sinaga says:

    Semoga PTKI Medan bisa menciptakan alumni-alumni yang bermutu, yang tidak kalah saing dengan alumni dari universitas lain.

    Salam,
    Herman Sonny Sinaga (PT.PERTAMINA – Dumai)
    ST’03

  7. ALUMNI PTKI STB 94 says:

    YANG JELAS JIKA UDAH TAMAT DARI PTKI RAJINLAH MELAMAR KERJA JANGAN MUDAH PUTUS ASA, SIAPA BILANG BANYAK SAINGAN YAKINLAH ILMU KITA LEBIH BAIK DARI TEMEN TEMEN ALUMNI KAMPUS LAIN YANG JELAS KALAU LAGI TESTING JANGAN NGOPEK LAGI KAYAK PAS MID SEMESTER DI PTKI YA ADIK ADIK, SALAM BUAT P. SABAR, P. TOLE, P. HAMDAN, P. IRWANSYAH, P. ADIL, P. EDY POLT, P. WARMAN, B. JENGGOT, DAN LAINNYA YANG TIDAK BISA KAMI SEBUTKAN NAMANYA SATU PERSATU.
    PTKI HARUS LEBIH MAJU KEDEPANNYA, KAMI JADI SEPERTI INI KARENA PTKI

    WASSALLAM

    ALUMNI PTKI TMI/TKI STB 94

  8. irsan hanafi says:

    okela klo bgetooooooooo…..
    lanjutkan perjuangan

  9. rahasia pribadi says:

    nggak smua nya yg tamat dari PTKI bisa kerja sesuai dgn ilmu yg di terapkan selama di bangku kuliah..
    ada juga yg ampe sekarang nganggur.
    gimn tuch solusi nya abg2 ku yg udh kerja di perusahaan2 yg dah terkenal seperti INALUM,TPL,PERTAMINA..
    tolong beri solusi nya abg2 ku .
    sekian dan terima kasih

    STB 07.

  10. saifullah says:

    PTKI best of the besh
    biar lebih pintar
    ikuti kursus di luar.
    biar sekill kita betambah
    klo g ad skill g akan d terima di perusahaan

  11. saifullah says:

    ST 06

  12. Salam kenal saya stb ’95, skrg kerja di salah satu perusahaan asing di bidang oil and gas, salah satu kelemahan kita adalah masalah bahasa inggris kita kalah jauh dari tamatan dari pulau jawa, jadi seperti saran teman saya Antoni sebaiknya di kampus kita dibiasakan menulis laporan dalam bahasa inggris. Salam kenal pada semua kawan2 keluaran Gg Garuda.

  13. Helfrinto says:

    Tetap smangat buat adik2 yang masih Kuliah dan yang lagi cari kerja, tingkatkan Skill n Pengetahuan Umumnya. Bahasa inggris mesti di kuasai n pelajari semua test2 psikotest. saya kecewa melihat adik2 yang ikut sleksi di Chevron Pasific Indonesia – Riau tahun 07-09.Bayak anak2 PTKI yang ikut ujian tapi gugur di interview gara2 B.inggris. Tetap semangat.
    “Kenali Musuh dan Kenali diri sendiri , Maka kemenangan mutlak di tanganmu” (Tsunzu).

    Salam,
    Helfrinto ( PT. Chevron Pacific Indonesia – Dumai)

    STB ‘ 02

  14. elpri NABABAN says:

    slam kenal,buat sluruh anak2 ptki,saya mau daftar k ptki but knpa ya,situs ptki sulit bnget d buka???saya dapat informasi ptki dari radio….:-(

  15. hasudungan says:

    kakak2 senior

    banyak gak berpeluang kerja jurusan mekanik industri ???

    gimana tipsnya ya ????

    tks

    ST 10

  16. jonggi says:

    abang senior yang sudah berhasil

    lulus PTKI abang2 ngambil s1 gak????

  17. jonggi says:

    abang senior yang sudah berhasil

    lulus PTKI abang2 ngambil s1 gak????

    berpeluang gak cuma d3 doang ????

    gimana sih tips 2 agar berpeluang kerja setelah tamat PTKI ?????

    ST 10

  18. sahrun ngl says:

    hidup…….maju trus PTKI…..
    kami Alumni Slalu Mendukung mu…

  19. jhon says:

    aku masuk ptki..
    moga di sini aku bisa membahagiakan didi aku n orang tua aku…
    amin

  20. mekanik INDustri pluang kerja na jadi pa ya abang n kakak senior

    • Tatar says:

      Untuk jurusan Mekanik Industri sama dengan jurusan mesin, baiknya memang nama jurusan kita ini diganti menjadi nama umum yang ada di negeri kita ini, karena klo ada peluang kerja kadang kadang kita tidak lulus seleksi adm cth PNS tdk ada penerimaan utk Jurusan ini klaupun bisa hanya untuk yang sifatnya untuk semua Jurusan
      Klau di Batam u/ Jurusan Mekanik bisa kita lamar untuk :
      Suvervisor Prod., Engineer, Technician, kalau sudah cukup pengalaman ada yang sudah melamar manager dan lain2 yang sifat kerjanya mengarah ke tehnik, yang sangat perlu disiapkan adalah disamping kemampuan tehnik sangat di butuhkan kemampuan B. Inggris
      G’Lucky Bro…

      Tatar STB “96

  21. Jerri says:

    banyak loh ilmu yang bisa diambil dari kampus kita nie,..

    law memang bener bener mau belajar…

    satu hal kampus mana yang biaya praktikum nya ga di pungut biaya???

    kampus PTKI sama sekali gak memungut biaya, padahal kalau dihitung hitung layak loh kita bayar uang praktikum??

    tu dia kawan jangan pernah menyepelekan kampus ini..

    thanks….

  22. Mahasiswa PTKI Asli says:

    Ya…. itu waktu jaman jepang. kalo sekarang PTKI dah kayak taik dalam septic tank. PTKI bukan lagi sekolah buat nuntut ilmu. tapi PTKI uda jadi tempat perkumpulan marga. tempat orang cari duit, tempat cari tahta/pangkat/derajat, n tempat cari muka’ juga tempat buat angkat TOLOR.

  23. erwin says:

    media belajar sgt byk maka jangan pernah bosan utk menimba ilmu. bukan hanya pintar dibarengi dengan attitude juga.dunia usaha pasti akan membutuhkan kita.belajar sbg amanah kita terhdp ortu dan bersosialisasi dgn masyarakat. selamat belajar…

    salam

    st’03
    0813 7644 3470

  24. kikan says:

    buat bang ferri asisten lab kimin jangan sok paten kau jangan kau jadikan mahasiswa tu seperti robot yang bisa kau suruh sesuka hatimu,,,

    tolong lah insaf dari dosa2 mu…..

  25. andrew ritonga says:

    jangan menyerah …
    masih banyak lowongan kerja….
    n jangan takut sampai sekarang lulusan PTKI masih di perhitungkan

  26. Arie D.R says:

    pa kabar-a anak” PTKI, khusus-a St’05 ?

    sepi kali gak ada kabar-a !

  27. ari says:

    i like to universistas PTKI medan…is”t good…..
    sutdy….n willdosen is’good…..

  28. khairun nisah says:

    untuk siswa ptki jangan pantang menyerah

Comments are closed.