Kampus USU Kwala Bekala Mulai Dibangun

Untuk Mahasiswa S-1 dan D-3

DELI SERDANG- Universitas Sumatera Utara (USU) membangun kampus II seluas 300 hektar di Kwala Bekala, Kabupaten Deli Serdang, sekitar 15 km dari kampus induk. Hal ini bertujuan untuk menambah daya tampung mahasiswa dan meningkatkan mutu pendidikan.
Rektor USU Prof Chairuddin P Lubis mengatakan, USU kampus II yang sebelumnya merupakan areal eks hak guna usaha (HGU) PTPN II, akan mulai dipergunakan pada tahun 2020.

“Areal seluas 300 hektar ini akan digunakan sebagai kampus II, khusus bagi mahasiswa S-1 dan D-3, sementara kampus induk akan dipergunakan untuk program S-2,” terangnya.

Selain itu, lanjut Chairuddin, di lokasi kampus II tersebut akan dibangun laboratorium untuk sejumlah program pendidikan pertanian dan peternakan.

“USU kampus II ini diproyeksikan akan menjadi kampus yang lebih representatif dan berstandar internasional dengan daya tampung hingga 40.000 mahasiswa,” terangnya.

Lebih lanjut Chairuddin mengatakan, mengacu pada program koordinatif 1995-1996 Dikti, ditetapkan kebijaksanaan umum pembinaan dan pengembangan pendidikan tinggi yang salah satunya adalah meningkatkan daya tampung Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
“Peningkatan daya tampung PTN ini, dengan tidak mengorbankan mutu pendidikan tinggi dan diarahkan pada bidang-bidang yang berdampak langsung pada pembangunan dan peningkatan pemerataan,” jelasnya.

Menurut Chairuddin, USU yang dimulai pembentukannya oleh yayasan USU 53 tahun lalu, bila ditinjau dari jumlah fakultas, prodi studi dan jenjang strata pendidikan yang ada, menunjukkan suatu perkembangan yang cukup pesat.
“Dengan perkembangan ini, lahan kampus yang pada awalnya terasa sangat luas dan lengang, telah berubah menjadi suatu lahan yang sempit dan padat. Jadi, pembangunan USU kampus II ini sudah sangat mendesak, mengingat saat ini USU sudah memiliki lebih dari 32 ribu mahasiswa, 21.634 ribu diantaranya mahasiswa S-1,” tuturnya.

Jika mengacu pada target pemerintah terhadap Angka Pertisipasi Kasar (APK) jumlah penduduk
usia 19-24 tahun yang duduk diperguruan tinggi, maka, lanjut Chairuddin, diperkirakan pada 2010 ini, jumlah mahasiswa USU akan mencapai lebih dari 62 ribu orang.

“Dengan jumlah ini, kampus induk USU seluas 100 hektar dengan 13 Fakultas dan 144 program studi, diperkirakan tidak lagi mampu menampung jumlah mahasiswa tersebut,” katanya.

Untuk mengantisipasi kenaikan jumlah mahasiswa tersebut, sambung Chairuddin, maka kita berupaya mencari lahan baru demi pengembangan USU ke depan. “Alhamdulillah saat ini kita sudah dapat merealisasikannya dan jika tak ada halangan pada 2020 nanti kampus USU II ini sudah dapat diperunakan,” ujarnya.

Sesuai master plan pembangunan kampus USU II di Kuala Bekala ini, direncanakan akan dibangun sejumlah fasilitas yang mendukung perkuliahan seperti laboratorium berstandar internasional, gedung berbasis pengembangan teknologi informasi, bahkan fasilitas rekreasi.
Gubernur Sumut, Syamsul Arifin, pada kesempatan sama, mengatakan, dengan dibangunnya USU kampus II tersebut diharapkan akan lebih banyak lagi masyarakat yang duduk diperguruan tinggi terutama di PTN.

“Kami bersama beberapa provinsi lainnya yang daerahnya memiliki perkebunan telah mengusulkan ke pusat untuk mendapat bagian dari pajak hasil perkebunan yang selama ini disetorkan ke pusat. Jika permohonan bagi hasil ini dikabulkan, maka sebagian darinya akan kita alokasikan untuk membantu pembangunan USU kampus II di Kwala Bekala itu,” terangnya. (saz)

This entry was posted in Pendidikan and tagged . Bookmark the permalink.

Comments are closed.