Anak Kambing ’Mirip Manusia’ Bikin Heboh

LANGKAT-Seekor anak kambing yang lahir cacat membuat heboh warga Lingkungan 10 Sei Meran, Kelurahan Bukit Kubu, Kecamtan Besitang, Langkat. Anak kambing itu lahir tanpa bulu, bentuk badan mirip manusia dan memiliki pusat yang hampir sama dengan manusia dan tubuh lebih besar dibanding anak kambing biasa.

Proses kelahirankambing itu juga tidak seperti biasanya. Menurut pemiliknya M Yusuf (36), induk kambing sudah menunjukkan tanda-tanda melahirkan sejak pukul 14.00 WIB, Selasa (2/3). Tapi induk kambing baru selesai melahirkan dua anaknya sekira pukul 05.00 WIB, Rabu (3/3). “Saya kira siang itu sudah mau lahir, nggak tahunya baru tadi pagi lahirnya, jadi mau nggak mau harus dijagai,” keluh Yusuf, Rabu (3/3).

Satu anak kambing lahir dengan kondisi normal dengan bulu berwarna hitam, satu anak kambing lain lahir dengan keanehan. “Sama sekali saya nggak nyangka, kalau anak kambing saya akan lahir mirip tubuh manusia,” kata Yusuf.

Sayangnya, kedua ekor anak kambing itu mati hanya tiga jam setelah lahir. Meski demikian, kedua ekor anak kambing berwarna hitam dan putih tersebut, menjadi hiburan warga sekitar. Banyak warga berlomba-lomba mengabadikan tubuh anak kambing mirip manusia sebelum dikuburkan pemiliknya.

Menyikapi keanehan tersebut, Kasi Produksi Dinas Peternakan Langkat Agustawan menegaskan, hal itu terjadi kemungkinan karena inbriding (perkawinan sedarah) secara berulang-ulang.  “Secara ilmiah memang begitu, inbriding berulang-ulang menyebabkan perubahan genitika atas tubuh keturunannya. Biasanya keturunan yang dihasilkan pun selalu cacat dan umurnya relatif pendek,” kata Agustawan.(ndi)

kambing-mirip-manusia

[ketgambar]MIRIB BAYI MANUSIA: Anak kambing yang ditengarai mirip bayi manusia membuat heboh warga Langkat. // affandi/sumut pos[/ketgambar]

This entry was posted in Daerah and tagged , . Bookmark the permalink.