LPMP Sumut Kebut Entry Data Sertifikasi Guru

MEDAN- Proses sertifikasi guru di Sumatera Utara tahun 2010 memasuki  tahap entry data.  Demikian  diungkapkan Panitia Sertifikasi Guru Sumut 2010 dari LPMP Sumut, Rudianto, kepada wartawan, kemarin (16/3).

Dia menuturkan,  pada tahap ini pihaknya akan bekerja ekstra, sebelum pelaksanaan Ujian Nasional (UN) mendatang.

“Jadi pada tahap ini semua petugas LPMP dikerahkan untuk menuntaskan tahap data entry ini. Karena, data tersebut harus masuk dalam data di LPMP sebelum pelaksanaan UN nanti,” terangnya.

Menurut Rudianto, data yang dientry ini merupakan berkas pendaftaran (Format A1) dari peserta sertifikasi guru seluruh kabupaten/kota di Sumut. “Berkas pendaftaran dari seluruh peserta sertifikasi Sumut 2010 ini sudah terkumpul sejak 28 Pebruari 2010. Karena kami memang menenggat waktu pengumpulan berkas tersebut hingga waktu itu,” tuturnya.

Sangat disayangkan, lanjut Rudianto, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan terlambat menyerahkan berkas pendaftaran tersebut.“Hingga saat ini kami belum menerima berkas pendaftaran dari Disdik Kota Medan. Kendala yang diungkapkan kepada pihak LPMP, mereka terkendala pada dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang belum cair,” jelasnya.
Lebih lanjut Rudianto mengatakan, tahap entry data ini telah dilakukan sejak 1 hingga 20 Maret 2010 mendatang.

“Jadi diharapkan Disdik Kota Medan harus segera menyelesaikan berkas pendaftaran tersebut secepatnya. Karena dengan terlambatnya pihak Disdik Kota Medan, maka akan mempengaruhi segala proses sertifikasi ke depannya,” katanya.

Begitupun, lanjut Rudianto, LPMP Sumut masih akan memberikan keringanan kepada Disdik Medan untuk segera menyelesaikan dan langsung memberikan berkas pendaftaran tersebut ke LPMP secepatnya.  “Hal ini karena kuota sertifikasi guru Kota Medan lumayan banyak, yakni 1.245 orang. Jadi, kami berharap Disdik Kota Medan bisa dengan segera menyelesaikannya dengan segera. Jangan kejadian proses sertifikasi guru untuk Kota Medan pada 2008 lalu terulang lagi,” ujarnya.

Rudianto juga menegaskan, perjanjian untuk menyerahkan berkas pendaftaran tersebut pada 28 Pebruari 2010 lalu, juga telah dilakukan pada Rapat Koordiansi bersama LPMP Sumut, Lembaga Pendidik Tenaga Pendidikan (LPTK) Induk Unimed, Universitas HKBP Nommensen (UHN), dan Universiats Muslim Nusantara (UMN) dan seluruh disdik kabupaten/kota.  “Dengan selesainya data entry ini hingga akhir Maret 2010 maka dijadwalkan April 2010 pemberkasan portofolio ke LPTK Induk Unimed,” paparnya.

Ketua Sertifikasi Guru Kota Medan, Zakaria mengatakan  usai sosialisasi, pihaknya memberikan waktu paling lambat seminggu menyerahkan Formta A1.(saz)

This entry was posted in Pendidikan and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to LPMP Sumut Kebut Entry Data Sertifikasi Guru

  1. Abd.Manaf says:

    Di umumkan sekitar oktober 2008, bahwa sekitar 3000 guru kota Medan harus PLPG alias tidak lulus portofolio, menunggu sekian bulan baru Sepetember 2009 di panggil mengikuti diklat PLPG dan dinyatakan lulus sekitar bulan Nopemeber 2009, sampai saat ini 14 Juni 2010 nggak ada kabar, SK Dirjen nggak keluar juga apalagi duitnya.Ada apa gerangan.Teknologi makin canggih, tapi ………..???????.Betapa sabar nya guru ini.

Comments are closed.