Manfaatkan Kotoran untuk Ikan Lele

Ikan yang berkumis dan licin serta gesit (ikan lele), banyak menarik perhatian banyak orang untuk membudidayakannya.  Saat ini stok lele sangat jauh dari mencukupi, permintaan pasar akan ikan lele sangat banyak sedang produksi lele masih kurang. Sudah banyak yang berkolam ikan lele tetapi banyak di antara mereka yang berguguran, sehingga ikan lele di pasar masih terus kekurangan.

Tentu banyak faktor penyebab banyaknya pengolam yang berguguran. Di antaranya, kurangnya pengetahuan akan teknik berkolam lele, tidak bisa membuat pakan alternatif sederhana untuk ikan lele, terlalu tergantung dari pakan ikan pabrik yang harganya tinggi, tidak bisa memanfaatkan potensi alam sekitar yang sangat banyak untuk meningkatkan produksi ikan lele dengan meminimkan ketergantungan pakan pabrik dan digantikan dengan pakan yang ada di sekitar lingkungan.

Salah satu cara untuk meningkatkan income dari kolam lele adalah dengan memanfaatkan limbah ternak lain seperti kambing, sapi dan ayam.  Tentu ini diperlukan sedikit ilmu bagaimana teknik agar limbah ternak itu bisa digunakan sebagai pakan ikan lele.

Untuk membuat pakan ikan lele dari limbah ternak dan teknik pemberiannya dengan memanfaatkan bakteri tertentu yang biasa disebut sebagai bakteri probiotik. Bakteri Probiotik ini digunakan untuk mengolah kotoran ternak sehingga terjadi proses fermentasi dimana dalam proses ini akan mengakibatkan panas yang akan membunuh bakteri lain yang tidak berguna sehingga limbah ternak tersebut aman untuk dikonsumsi ikan lele.

Teknik pemberiannya adalah dengan memasukkan limbah hasil fermentasi ke dalam kolam setelah ikan berumur 20 hari serta diberikan sebagai tambahan  sewaktu memberi makan ikan. Maksudnya sewaktu memberi makanan ikan dengan pelet (pakan pabrik) kemudian diikuti dengan pakan limbah ternak hasil fermentasi. Maka ikan lele akan tumbuh lebih cepat, sehat dan daging ikan lele lebih padat sehingga rasa ikan lele seperti ikan lele sungai.
Dengan teknik ini untuk satu kolam isi 10.000 ikan cukup diberikan 10 sak pakan pelet sampai panen, tentu ini sangat membantu meminimalkan penggunaan pakan pabrik, dan income akan jauh meningkat. Selain itu Anda bisa menghemat penggunaan air. (net/jpnn)

This entry was posted in Ekonomi and tagged . Bookmark the permalink.

14 Responses to Manfaatkan Kotoran untuk Ikan Lele

  1. sucatma says:

    Bos sy tertarik dengan pengunaan teknoligi pakan tsb,klu bisa 1o.ooo ekor hanya butuh 10zk karena sy sendiri per 10000 butuh 30zk mohon informasinya tetentang teknologi tsb..trim

  2. kusfandiari abu nidhat says:

    Terima kasih atas segala info terkait dengan pemanfaatan kotoran hewan untuk pakan lele. Insya Allah, dapat diterapkan di lingkungan kami.

  3. adi darmawan says:

    mas gmn cra fermentasi kotoran tersebut tolong tlp saya nanti sya ganti pulsanaya trima kasih.085648733333

  4. yantosamuji says:

    terima ksih akan saya coba mudah mudahan berhasilllllll

  5. yantosamuji says:

    caranya gimanaaa ya bossssssssss.kok gak dijelasiin

  6. suhardi says:

    Saya sangat responsif dengan hasil fermentasi kotoran sapi untuk pakan lele, tapi gimana teknis pembuatanya. Tolong dimuat lengkap. Trims

  7. Bisakah saya dijelaskan bagaimana teknis pembuatannya…? terima kasih sebelumnya

  8. M Yunus says:

    Mohon infonya Pak untuk membuat pakan dari kotoran ternak, cara pembuatan, cara mendapatkan bakteri, sampai cara/teknis pemberian pakannya. Mohon di kirim ke imel sy pak. Terima kasih sebelumnya.

  9. nanang says:

    mohon dijelaskan yg sejelas2nya. maklum peternak baru. trus fermentasinya pake apa ya. terima kasih.

  10. anthon says:

    bener ni?…..saya ingin tahu..prebiotiknya apa?

  11. matniroh says:

    Mohon infonya Pak untuk membuat pakan dari kotoran ternak, cara pembuatan, cara mendapatkan bakteri, sampai cara/teknis pemberian pakannya. Mohon di kirim ke imel sy pak. Terima kasih sebelumnya.

  12. adi salmi says:

    JA PAK ADI JUGA tertarik terna lele maka si imformasinya

  13. yoga says:

    om bisa kirim cara aplikasi pembuatan pakan dari kotoran ternak???
    tq sebelumnya

Comments are closed.