Pakai Satpam Berkompetensi

Pengguna jasa satuan pengamanan (satpam) hendaknya jangan menerima satpam yang tidak berkompetensi, karena melanggar peraturan Kapolri Nomor 24 tahun 2007, tentang sistem manajemen pengamanan sertifikasi kemampuan satpam yang diterbitkan dan diundangkan dalam lembaran negara nomor 50 tanggal 10 Desember 2007. Seperti apa? Berikut wawancara wartawan Sumut Pos Adlansyah Nasution dengan Karo Binamitra Polda Sumut, Kombes Pol Drs Suwarno.

Apa itu satpam?

Berdasarkan UU No 2 tahun 2002 pasal 14 ayat 1 f dan ayat 2 tentang kepolisian negara republik Indonesia dan peraturan Kapolri nomor 24 tahun 2007 satpam adalah suatu kelompok petugas yang dibentuk oleh instansi atau badan usaha untuk melaksanakan pengamanan dalam rangka menyelenggarakan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya.

Bagaimana sertifikasi dan legalitasnya?

Sertifikasi kemampuan satpam, ijazah Gada Pratama dan Gada Madya, kartu tanda anggota satpam dinyatakan sah bila diterbitkan dan ditandatangani oleh Kepala Biro Binamitra Polda Sumut atas nama Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara. Materi yang diajarkan pada pendidikan Gada Pratama Satpam dengan jumlah satuan acara pelajaran pelatihan 232 jam pelajaran dan dapat ditempuh paling lama 30 hari meliputi mata ajaran yang dikelompokkan seperti pengantar, pembinaan kepribadian, pengetahuan dan keterampilan dan perundang-undangan.

Bagaimana cara memperoleh kompetensinya?

Melalui pendidikan di lembaga pendidikan Polri atau lembaga pendidikan non Polri yang sudah mendapat izin operasional dari Kapolri, yang meliputi  kemampuan kepolisian yang terbatas seperti Gada Pratama untuk kemampuan dasar, Gada Madya untuk kemampuan menengah dan Gada Utama untuk kemampuan manajerial. Sedangkan kemampuan keselamatan keamanan lingkungan kerja (K3K) di peroleh melalui in house training pada tempat kerja masing-masing, kemudian spesialisasi di bidang tugas dari pelatihan oleh pengguna satpam yang merupakan pelatihan kemampuan kewajiban dari instansi atau badan penyelenggara dan pengguna jasa satpam.

Apa yang membedakan satpam bersertifikat dan tidak?

Dari kemampuannya sudah dapat dibedakan, karena satpam yang tidak bersertifikat tidak memiliki kartu tanda anggota jadi satpam tersebut dikatakan satpam bodong, satpam yang sama sekali tidak dilindungi oleh negara, bukan seperti satpam yang punya legalitas.(*)

This entry was posted in Metropolis and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.