UNA Asahan Bakal jadi PTN

KISARAN-Pemkab Asahan akan memperjuangkan Universitas Asahan (UNA) di Kota Kisaran menjadi Perguruan Tinggi Negeri karena layak posisi dan potensi pengembangannya. Apalagi didukung jumlah mahasiswa, dosen memenuhi syarat dan minat masyarakat.

“Tiga hari usai Pilkada Asahan, saya bertemu Wakil Menteri Pendidikan dan menyampaikan niat untuk menjadikan UNA sebagai Perguruan Tinggi Negeri, didukung sepenuhnya,” kata Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP, Kamis (2/10) di kampus UNA Kisaran menjelang acara berbuka puasa bersama.

Dalam kesempatan itu, Bupati Asahan menyampaikan selamat kepada Rektor UNA Prof Ir Dharma Bhakti MS yang diangkat sebagai Dekan Pertanian USU. “Tiba masanya pergantian Rektor, pilihlah figur yang tepat dan sesuai keinginan Universitas Asahan, bukan sesuai keinginan penguasa,” ujar Taufan.

Rektor Universitas Asahan Prof Ir Dharma Bhakti MS menyampaikan kondisi, prestasi, potensi dan tantangan yang dihadapi Universitas Asahan saat ini dan meminta Pemkab Asahan meningkatkan prioritas pendidikan guna mewujudkan Asahan Pusat Pendidikan di kawasan ini.

Bupati Asahan mengakui perkembangan UNA di tangan Prof Ir Dharma Bhakti MS cukup pesat. “Yayasan Universitas Asahan harus dirombak total agar lebih ideal untuk mencapai status Perguruan Tinggi Negeri. Saya selaku Bupati Asahan tidak bersedia menjadi Ketua Yayasan, sebab ketentuan  memang demikian walaupun tidak ada hukuman bagi Bupati yang menjadi Ketua yayasan,” ujarnya.

“Namun saya melihat apa yang telah dicapai UNA saat ini harus didukung oleh Yayasan yang kapabel dan Pemerintah Kabupaten Asahan wajib menopang perkembangan UNA,” ujar Taufan Gama lebih lanjut.

Taufan menggarisbawahi bahwa Yayasan yang mengurus UNA kelak bisa saja bernama Yayasan Pemerintah Daerah, tapi Ketuanya ditetapkan sesuai kapabilitas dan akuntabilitas yang teruji dalam pendidikan tinggi.
“Bupati menjadi pendukung utama sebagaimana mendukung sector lain, agar Asahan yang sudah baik di tangan Bupati Drs H Risuddin MSi akan menjadi lebih baik ke depan,” tukas Taufan. (sht/smg)

This entry was posted in Daerah and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to UNA Asahan Bakal jadi PTN

  1. ponimin.sh says:

    pak rektor tlong ya,di pereotaskn bwat lpangan krja/buwat alumni2 UNA,
    jngan smpai nm baik UNA jd jelek.
    gara2 byak sarjana dr UNA jd pnganguran.