PLPG Gratis

MEDAN-Sesuai jadwal, mulai pekan terakhir bulan ini Unimed akan menggelar Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Pesertanya 1900 orang yang tak lulus portofolio pada program Sertifikasi Guru. PLPG ini gratis, plus pemberian uang saku kepada peserta senilai Rp125 ribu perhari.

Ketua Divisi Diklat Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 02 Unimed, Prof Berlin Sibarani, mengatakan, 1900 peserta PLPG tersebut berasal dari 17 kabupaten/kota yang ada di Sumut. “Kami hanya menggelar PLPG bagi guru yang mengikuti program sertifikasi guru di bawah rayon kami. Jadi sisanya dilaksanakan oleh 2 LPTK (Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan) Induk yang lain, yakni Universitas Muslim Nusantara (UMN) dan Universitas HKBP Nommensen (UHN),” jelasnya kepada wartawan, kemarin (15/9).

Berlin juga mengatakan, PLPG ini merupakan gelombang pertama untuk sertifikasi guru 2010. “Kegiatan ini akan digelar pada 23 September 2010 hingga 2 Oktober 2010 mendatang,” ungkapnya.

Untuk mengikuti PLPG ini, peserta harus melengkapi beberapa berkas yang harus dibawa pada pelaksanaan PLPG tersebut. Yakni, pas foto berwarna terbaru ukuran 3X4 2 lembar. Foto copy ijazah terakhir yang telah dilegalisir sebanyak 2 rangkap.

Foto copy SK pengangkatan pertama dan SK terakhir yang dilegalisir (bagi guru PNS yakni SK CPNS, bagi guru swasta SK Yayasan) sebanyak 2 rangkap. Tanda pengenal (KTP, SIM, atau identitas diri lainnya) sebanyak 2 rangkap. Dan buku-buku yang relevan sesuai dengan bidang studi masing-masing peserta.

Lebih lanjut Berlin mengatakan, PLPG ini merupakan program pemerintah yang diselenggarakan Unimed bekerjasama dengan LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) Sumut, untuk meningkatkan mutu pendidikan. “Jadi semua akomodasi untuk guru telah disediakan pemerintah. Kami akan memberikan akomodasi sebesar Rp125 ribu per orang per hari,” jelasnya.

Adapun ke-17 kabupaten/kota tersebut yakni Kabupaten Asahan sebanyak 135 orang guru. Batu Bara (84), Deli Serdang (231), Labuhan Batu (122), Labuhan Batu Selatan (53), Labuhan Batu Utara (46), Langkat (133), Padang Lawas (36), Padang Lawas Utara (65), Serdang Bedagai (74), Simalungun (238), Toba Samosir (96), Binjai (67), Medan (404), Pematang Siantar (80), Tanjung Balai (15) dan Tebing Tinggi (21).

Untuk daftar nama-nama peserta PLPG gelombang pertama dapat dilihat di website Unimed, unimed.ac.id, atau di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat. (saz)

This entry was posted in Pendidikan and tagged , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.