Penerimaan CPNS di Sumut Serentak

MEDAN-Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil PNS) tingkat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara 2010 akan berlangsung serentak.

“Ya kalau kabupaten/kota juga punya rencana untuk melaksanakan penerimaan ya boleh-boleh saja. Pastinya pelaksanaannya serentak. Masalahnya waktu pastinya kita belum bisa tentukan,” ucap Drs Suherman MSp, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemprovsu saat ditemui Sumut Pos, Kamis (23/9).

Seperti yang disampaikan, tahun ini Pemprovsu mengusulkan 450 PNS untuk ditempatkan di jajaran Pemprovsu. Namun dari jumlah tersebut, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara hanya menerima 290. Saat ini Pemprovsu tengah menunggu keputusan mengenai kualifikasi calon PNS.
“Berdasarkan SKPD kebutuhan terbesar itu dari Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) dan Dinas Pendidikan Tinggi (Dikti). Tapi untuk kualifikasi pendidikan kita masih menunggu keputusan Menpan,” tambahnya.

Menatap penerimaan PNS yang diindikasi sarat dengan praktek-praktek kolusi dan nepotisme, Suherman kembali menegaskan bila penerimaan PNS 2010 ini akan berlangsung selektif. Untuk itu Pemprovsu akan kembali menjalin kerja sama dengan Universitas Sumatera Utara (USU) untuk pengawasan yaitu pembuatan soal dan pemeriksaannya.
Hal itu tentunya berkaca pada kerjasama sebelumnya dimana penerimaan PNS untuk Pemprovsu berjalan dengan lancar. Tidak dengan penerimaan PNS di daerah yang menggunakan pengawas di luar USU banyak terjadi penyimpangan.

Anggota Komisi A, Nurul Azhar berharap seleksi berlangsung dalam proses yang transparan. Sehingga ke depan dapat tercipta pelayanan yang lebih baik lagi. “Karena selama ini PNS hanya dilihat sebagai peluang kerja saja. Jadi unsur kedekatan sangat kentara dibanding kualitas dan potensi calon PNS tadi. Masalahnya ini akan menjadi beban APBD Sumut,” imbaunya.

Untuk itu penghapusan pegawai honorer seharusnya disambut positif. Pasalnya, pengangkatan honorer lebih kepada balas jasa atas pengabdian. Namun pegawai tersebut nantinya akan terkendala saat masa pra jabatan. “Bila perlu PNS itu dikontrak. Sehingga akan menampilkan kualitasnya menuju pelayanan yang maksimal. Karena pembenahan birokrasi bisa dimulai dari PNS itu sendiri,” tegasnya. (jul)

This entry was posted in Metropolis and tagged , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Penerimaan CPNS di Sumut Serentak

  1. siska angelia sitio says:

    semoga ujian PNS tahun isi tidak ada unsur KKN. Sehingga tercipta calon2 PNS yg berkualitas. Dan jg kita2 org miskin ini terpacu untuk lebih giat lg belajar dan mendapat kesempatan untuk mencapai PNS yg didambakan.
    Thanks a lot..

  2. Gunci Sinaga says:

    “BRAVO”
    Pns berkualitas
    “NO”
    KKN

  3. Lince Pintaria Pasaribu says:

    pas mai hera dibatubara godang kkn disi pelamaran pns, halak kita dang adong namonang disi?????????????????
    angka kkn do disi………………….

  4. Semoga Penerimaan CPNS Tahun 2010 bebas dari KKN dan yang lulus benar-benar orang yang berkualitas dibidangnya masing-masing.