MPW PP Sumut Gelar Seminar Bela Negara

Rayakan Hari Jadi ke-51 Tahun Pemuda Pancasila

Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) Pemuda Pancasila (PP) genap berusia 51 tahun pada 28 Oktober 2010 ini. Menyambut hari yang bersejarah itu, MPW Pemuda Pancasila Sumatera Utara akan menyelenggarakan perayaan hari ulang tahun yang meriah, spektakuler, tapi sarat dengan makna.

Acara itu dirancang bukan untuk gagah-gagahan. Tapi dijadikan momentum untuk lebih merapatkan barisan antar seluruh kader PP dengan masyarakat dalam menghadapi ancaman dari pihak manapun terhadap kelangsungan NKRI. Makanya tema yang dipilih adalah: Revitalisasi Peran Pemuda Dalam Pembangunan Bangsa Agar Terwujudnya Ketahanan Nasional. Sub Tema : Pemuda Pancasila Sebagai Perekat Parsatuan dan Kesatuan Bangsa.

Menurut pemikiran para kader PP di Sumut, sekarang ini kesadaran masyarakat terhadap nilai-nilai Pancasila sangat merosot. Korupsi dianggap sepele, rendahnya pelayanan publik dari para pejabat, rendahnya kesadaran memasang bendera pada saat hari besar atau hari berkabung nasional, dan sebagainya.

Menurut Ketua Panitia HUT ke-51 PP untuk jajaran Wilayah Sumatera Utara, Said Ali Idrus, ada yang lebih memprihatinkan dari sikap masyarakat kini. Yakni rendahnya kesadaran untuk membela negara dari berbagai ancaman seperti meningkatnya aksi teroris. Padahal kalau masyarakat peka dengan kondisi di lingkungannya masing-masing, pasti ulah para teroris bisa dicegah secara diri. Begitu melihat tindakan yang aneh dan mencurigakan, mestinya segera mereka bisa lapor ke aparat kemanan atau melalui kepala lingkungannya.

Berkaitan dengan inilah, kata Said Aldi Alidrus, PP Sumut merasa berkewajiban menyelenggarakan acara Seminar Nasional Bela Negara yang direncanakan akan berlangsung di Medan pada 24 Oktober yang akan datang. Dari seminar yang akan dibuka Gubsu H Syamsul Arifin, diharapkan mampu membuka wasasan kebangsaan nasional dari segenap lapisan masyarakat. Jangan lagi ada warga yang cuek dengan pendatang di kampungnya atau malah sebagai tetangganya pula.

Dalam acara ini nanti akan hadir seluruh Ketua MPW PP Sumut dan kader PP lainnya. Selain itu juga diundang dari OKP, Ormas, dan tokoh masyarakat. Diharapkan nanti hadir sebagai pembicara Menteri Pertahanan RI Purnomo Yosgiantoro, Kapolda Sumut, Pangdam I BB, Kajati Sumut, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat lainnya.
Sekretaris Panitia Iskandar Sembiring menambahkan, selain seminar, juga akan diadakan Expo Pemuda, Gerak jalan antara kader PP dan masyarakat. (*/fal)

This entry was posted in Society. Bookmark the permalink.

Comments are closed.