Pendaftaran CPNS Ditunda

Diperkirakan Serentak Mulai 1 November

MEDAN-Pengumuman pendaftaran CPNS formasi 2011 ditunda. Pasalnya hingga kemarin, Selasa (19/10), Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) se-Sumut masih menggelar rapat di Kementerian Pendayaan Aparatur Negara (Kemenpan). Rapat soal formasi CPNS 2011 masih akan berlanjut hingga hari ini, Rabu (20/10). Akibatnya jadwal pengumuman pendaftaran CPNS yang semua dijadwalkan paling lambat dilakukan 20 Oktober dipastikan molor. Namun diprediksi pengumuman pendaftaran CPNS dilakukan serentak pada 1 November 2010.
Kepala BKD Provsu, Suherman, yang dihubungi via ponsel mengatakan, pertemuan dengan Kemenpan di Jakarta, Senin (18/10), belum membicarakan komposisi formasi CPNS yang disetujui. “Awalnya kita berharap pertemuan itu sudah membahas komposisi formasi yang disetujui oleh Menpan. Ternyata tidak. Di pertemuan itu kita hanya membicarakan koordinasi pelaksanaan penerimaan CPNS 2011 dengan seluruh BKD yang ada,” ucap Suherman.
Sehubungan dengan itu, Suherman pun tidak dapat menjawab kapan penerimaan CPNS 2011. “Ya itu saya juga tidak bisa tentukan. Karena kita masih menunggu persetujuan Menpan terhadap usulan komposisi formasi CPNS yang sudah kita sampaikan. Karena nanti bersamaan dengan persetujuan tadi juga terlampir lembaran teknis pelaksanaan penerimaan CPNS 2011,” jelasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya Kemenpan menyampaikan undangan kepada BKD Provsu dengan Nomor: Und/681/D.III.PAN-RB/9/2010 Tanggal 30 September yang diterima Pemprovsu 5 Oktober lalu untuk pertemuan di Ruang Rapat Sriwijaya Lantai 2 kantor Kemenpan Jakarta pada 18 Oktober 2010. Semula rapat yang dipimpin oleh Asisten Deputi Perencanaan Sumber Daya Manusia Aparatur ini diharapkan membahas usulan rincian formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2011 ini.

Menurut Suherman, pada CPNS 2010 ini BKD Sumut membuka peluang untuk 290 CPNS. Sebelumnya diusulkan 450 CPNS. Adapun rincian formasi yang diusulkan untuk 290 CPNS tadi adalah 48 guru Sekolah Luar Biasa (SLB), 90 Tenaga Kesehatan, dan 152 Tenaga Teknis. BKD Provsu sebagai koordinator BKD se-Sumut akan memastikan jadwal pelaksanaan CPNS 2010 ini serentak. BKD Provsu sendiri akan bekerjasama dengan Universitas Sumatera Utara (USU), kalau pemko/pemkab diserahkan kebijakan masing-masing.

“BKD Sumut hanya memastikan jadwal mulai dari pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman berlangsung serentak di seluruh kabupaten/ kota di Sumut. Untuk kabupaten/kota, pelaksanaan CPNS merupakan tanggungjawab Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) yaitu bupati atau wali kota,” pungkasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala BKD Medan, Lahum Lubis, yang kemarin juga berada di Jakarta. “Belum, sampai sekarang belum ada perkembangan. Sekarang juga, masih rapat,” ujar Lahum Lubis. Soal informasi yang menyatakan kab/kota lainnya di Sumut bakal mengumumkannya pada 21 Oktober, Lahum menampiknya. “Tidak ada, itu tidak benar. Semua Kepala BKD kabupaten/kota dan provinsi masih rapat di kantor Kemenpan. Mana mungkin, rapatnya belum selesai formasinya sudah diketahui,” tegasnya.
Lahum juga mengatakan, bagi peminat dan warga yang hendak mendaftar menjadi CPNS, jangan dulu termakan isu. Artinya, sebaiknya menunggu informasi yang sebenar-benarnya dari Menpan melalui BKD-BKD setiap kabupaten/kota dan provinsi.

“Sabar dulu. Pasti penerimaan CPNS akan tetap berjalan. Tunggu perkembangannya setelah rapat selesai,” tuturnya. Sebelumnya, Pemko Medan telah mengumumkan bakal menerima 600 CPNS. Formasi terbanyak untuk guru, tenaga kesehatan dan akuntan.

Sementara itu, Pemkab Deli Serdang, untuk CPNS Formasi 2011 hanya akan menerima 213 orang. Hal itu disampaikan Kepala BKD Pemkab Deli Serdang, Sahnan, melalui Kasubid Pengadaan Pengawai, Syahrul. “Kuota CPNS sekitar 213 orang meliputi 96 tenaga pengajar, 64 tenaga medis serta 53 tenaga teknis. Dalam pengusulan pertama sekitar 2.020 orang sesuai kebutuhan, namun, Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) memberikan jatah hanya 213 orang.

Jadwal penerimaan CPNS pun belum dapat diastikan karena masih menunggu hasil rapat di Jakarta. Ketika disinggung soal lembaga perguruan tinggi mana yang menjadi mitra Pemkab Deli Serdang dalam mengelar penerimaan CPNS, Syahrul belum bisa memastikannya. “Terkait itu belum  ada, tetapi tahun sebelumnya Pemkab Deli Serdang bermintra dengan Universitas Sumetera Utara USU,” jelasnya.

Dari Langkat dikabarkan, Pemkab Langkat mengusulkan perekrutan CPNS sebanyak 1.815 orang, namun yang disetujui Kemenpan hanya 203 orang saja, terdiri dari tenaga guru 96 orang, tenaga kesehatan 54 orang dan tenaga teknis hanya 53 orang. “Ya, untuk sementara segitu,” kata Kepala BKD Langkat, Amril Nasution, yang saat dihubungi mengaku sedang berada di Jakarta. Sementara itu seorang staf BKD Langkat yang juga ikut ke Jakarta memberikan sedikit bocoran. Berdasarkan informasi yang berkembang di Kemenpan, pandaftaran CPNS akan dilakukan kabupaten/kota secara serentak pada 1 Novemver 2010. Namun saat dipastikan wartawan koran ini kepada Amril, yang bersangkutan belum berani memastikannya.”Mengenai jadwal, menunggu petunjuk gubsu dan kalau sudah saatnya, Pemkab Langkat akan mengekspos secara terbuka,” tandas Amril. (jul/ari/btr/ndi)

This entry was posted in Metropolis and tagged . Bookmark the permalink.

21 Responses to Pendaftaran CPNS Ditunda

  1. amir says:

    saya….! sebagai masyarakat…! mendukung info nya bapak, karna banyak , masyarakat membutuhkan ke benaran info2* para bapak yang duduk di atas masyarakat, klu bsa infonya…lngsng link ke publik…jgn ada yg terselubung.karna masyarakat sekarang udh pintar2*. ini bukan jamannya pak harto lagi. berilah pelayanan yang memuaskan bagi masyarakat> pelayanan yang primer>>> seperti para bapak prajabatan dulu kan di ajarkan gmn pelayanan yang primer> tanks….!

  2. kurniawaan says:

    lihat info terbaru

  3. kurniawaan says:

    Pengumuman pendaftaran CPNS formasi 2011 ditunda. Pasalnya hingga kemarin, Selasa (19/10), Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) se-Sumut masih menggelar rapat di Kementerian Pendayaan Aparatur Negara (Kemenpan). Rapat soal formasi CPNS 2011 masih akan berlanjut hingga hari ini, Rabu (20/10). Akibatnya jadwal pengumuman pendaftaran CPNS yang semua dijadwalkan paling lambat dilakukan 20 Oktober dipas

  4. endro prada says:

    makaci y atas infonya mudah-mudahan sumut pos dapat langcar

  5. endro prada says:

    makaci pak atas infonya

  6. orang ganteng says:

    jgn gitu la pak

  7. Bodat says:

    BOOOOOOOOOOOOOOOOOOhoooooong………!!!!!!!!!!

  8. bu'dhy says:

    saya sbg anak bangsa….. informasi yang diberikan perlu kpastian untuk nasib sejumlah cpns 2010 yang membludak…kiranya informasi yang akura memberikan kontribusi yang membahagiakan bgi orang bnyak…

  9. BILLIE says:

    Horas….
    untuk para pejabat tinggi… kLo mau menyampaikan info harap lebih jelas dan pasti….. karena itu penting… kLo perlu langsung di muat di media massa. supaya bukan hanya masyarakat yang ada di SUMUT aja tau, tapi kami yang di luar juga berhak tahu….

  10. purnama says:

    makash ya pak,,,,,,,,

  11. darma says:

    ah….. gak jelas pun kapan pelaksanaan CPNS nya….
    selalu di molorin……
    tapi walaupun begitu makasih ya pak buat infonya.
    sehingga saya dapat tahu info CPNSnya….

  12. pendaftaran cpns masih ditunda……….. ada apa?

  13. suryani @ nora says:

    ahhhh,macam mana pun, molor2 terus, kapan kepastiannya pakkkkkk???? tolong pak jngn diundur terus,lama2 jadi bosannnnn………..

  14. BAHRUM says:

    kenapa pihak BKD sumut bisa teledor oleh kerjaan sich…..pejabat aja begini,bagaimana yg dibawanya ya………

  15. BAHRUM says:

    kemarin saya baca diharian sumut pos,klw bkd sumut kasih info kosong mengenai info cpns
    …kok bisa!!!!!!

  16. Anica says:

    Semoga shedule pendaftaran, ujian egera keluar agar masyarakat bisa mempersiapkan berkas2 sehubung syarat CPNS daerah Sumut khususnya D.Serdang

  17. Anica says:

    Maaf, jadi bagaimana kepastian tanggal pendaftaran CPNS daerah SUMUT?
    Harap di update lagi. Terima Kasih

  18. andika says:

    iI stay in langkat,and i am agraduated from univercity of kuala lumpur so is is the same procedure or different procedure to apply pns sir,please let me know and thanks before for your information…

  19. heriandi says:

    jangan ada dusta di antara kita

  20. eben says:

    tolong transparan dong……
    atau pejabat negara ini mau tugar menjadi masyarakat?
    jangan jadikan masyarakat jadi pengemis….
    tolong informasinya pak.. tolong!!!

  21. novrida sari hasibuan says:

    tolong berikan informasi yang jelas tentang penerimaan cpns. n berikan alamat website yang jelas, kalau alamat website na tidak jelas cemana kami mw mendaftar.

    dan tolong tanggal yang pasti na kapan pendaftaran online na di buka