Alamat Pelamar CPNS Harus Jelas

MEDAN-Pantia penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di kabupaten/kota di Sumatera Utara, memberi lampu hijau bagi para pelamar untuk mengirimkan berkasnya. Seluruh pemerintahan daerah di Sumatera Utara telah mengumumkan formasi lengkap yang akan diterima.

Di pemerintahan provinsi (pemprov) Sumatera Utara, panitia penerimaan CPNS  mengumumkan, pelamar yang berminat memperebutkan 290 kursi wajib mencantumkan foto kopi KTP dan alamat jelas.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprovsu, Suherman, mengatakan, data ini nantinya akan dijadikan sandaran serta tertib administrasi kependudukan.

Persyaratan pendaftaran yang dimulai 20 November hingga 4 Desember 2010 mendatang, pelamar harus menulis sendiri surat lamaran dengan tinta hitam bermaterai Rp6 ribu. lamaran ditujukan kepada gubernur Sumatera Utara dengan mencantumkan pas foto hitam putih ukuran 3×4 cm menggunakan pakaian rapi dan sopan sebanyak 4 lembar serta mencantumkan nama dibelakangnya.

Selanjutnya, foto kopi ijazah dan transkrip nilai dasar melamar, dilegalisir pejabat yang berwenang. Kemudian, pada amplop lamaran dicantumkan nama formasi jabatan, kode formasi jabatan dan kualifikasi pendidikan yang dilamar serta alamat jelas dan lengkap sesuai KTP. Bagi pelamar yang memenuhi syarat, pihak panitia akan mengirimkan nomor ujian ke alamat sesuai dengan alamat pelamar.

“Berkas lamaran mulai kami terima di kantor pos dimulai pada Sabtu 20 November 2010 dan selambat-lambatnya 4 Desember 2010, wajib stempel pos,” ucap Suherman di aula BKD Pemprovsu di Jalan Diponegoro Medan, kemarin (15/11).

Berkas ditujukan ke Panitia Pengadaan CPNSD Pemprovsu Tahun 2010 Jalan Serbaguna No 10 Helvetia Medan. Bagi pelamar yang berdomisili di Sumut mengirimkannya dengan kiriman perlakuan khusus. Khusus pelamar luar Sumut, harus menggunakan kiriman Pos Ekpres.

Seleksi ujian ini tidak dipungut biaya dan tidak mengenal sisipan bagi para pegawai.
Untuk pembuatan soal dan pemeriksaan serta perankingan, pemprovsu tetap pada komintmen, bekerja sama dengan Universitas Sumatera Utara (USU).

Bersama pempov, ada empat kabupaten/kota yang juga menjajaki kerjasama dengan USU, seperti Tapanuli Selatan, Asahan, dan Binjai serta Tebing Tinggi.

Pengiriman berkas pendaftaran melalui PT Pos Indonesia juga diberlakukan panitia penerimaan CPNS Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Berkas lamaran ditujukan ke panitia pengadaan CPNS Kabupaten Sergai tahun 2010 dengan alamat Yayasan Perguruan YAPIM, Jalan Medan Tebing Tinggi, Desa Pon, Kecamatan Sei Bamban, Kabupaten Serdang Bedagai.

“Lamaran diantarkan langsung melalui Kantor Pos yang berada di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai dan Kota Tebing Tinggi. Di sudut kiri atas amplop dicantumkan nomor kode pendidikan yang dilamar, kualifikasi pendidikan, nama, pengirim dan alamat lengkap,” terang Plt Humasy Pemkab Sergai, Drs Rahmad Karo Karo, Senin (15/11).
Pelaksanaan ujian penyaringan dilakukan serentak pada Rabu, 15 Desember 2010 pukul 09:00 WIB sampai dan tempat ujian ditentukan kemudian. “Hasil ujian di umumkan 22 Desember 2010,” ujar Rahmad.

Untuk informasi selengkapnya, pelamar bisa membaca pengumuman di sekretarian Panitia Pengadaan CPNSD Sergai di Yayasan Perguruan YAPIM, Jalan Medan–Tebing Tinggi Desa Pon Kecamatan Sei Bamban.

BKD Langkat juga mempersilakan pelamar mendaftar CPNS di jajaran Pemkab Langkat. “Perekrutan 285 CPNS tahun ini dimulai 20 November-4 Desember mendatang. Silakan daftar, tapi jangan sampai tertipu calo mengatasnamakan pejabat. Kalau ingin mendapatkan informasi lengkap tentang penerimaan CPNS ini, silakan langsung ke kantor BKD,” tegas Kepala BKD Langkat Amril Nasution.
CPNS yang bakal diterima terdiri dari 96 Tenaga Pendidikan. Guru SD sebanyak 39 orang, Guru SMP sebanyak 42 orang Guru SMA 15 orang. Untuk Tenaga Kesehatan sebanyak 64 orang dan untuk Tenaga Teknis sebanyak  125 orang.

Persyaratan penerimaan meliputi, ijazah serta kompetensi sesuai kualifikasi yang dibutuhkan. Bagi tenaga guru harus mempunyai akta atau sertifikasi profesi pendidikan. Usia serendah-rendahnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 35 tahun terhitung 1 Januari 2010 dan tidak melanggar ketentuan hukum positif yang berlaku.
Kelengkapan berkas meliputi surat lamaran ditulis dan ditandatangani pelamar dengan tinta hitam sebanyak 2 lembar dan bermaterai Rp.6000. Foto Copy Ijazah, transkrip nilai, akta yang disahkan oleh pejabat yang berwenang sebanyak 2 lembar, pas foto hitam putih terbaru berukuran 3×4 sebanyak 3 lembar dengan masing-masing dimasukkan ke dalam map kuning untuk tenaga guru, map hijau tenaga kesehatan dan warna merah untuk tenaga teknis.

Sedangkan Pemkab Batubara terus mematangkan berbagai persiapan dan langsung menggelar rapat koordinasi bersama Panitia CPNS, kemarin. Assisten II Setdakab Batubara Iskandar menekankan, pihanya melakukan sosialisasi mulai 16 sampai 30 November 2010. Pendaftaran dibuka 22 November sampai  6 Desember
“Tes tulis kami jadualkan 15 Desember 2010, dilanjutkan dengan penghitungan dan pengumuman CPNS. Pada 22 Desember hasil seleksi diumumkan,” katanya didampingi Kepala BKD Ahmad Ilham SH MAP dan Sekertaris BKD Saut Siahaan.

Di antara kabupaten/kota yang menerima CPNS, ada tiga pemda yang baru akan mengumumkan formasi lengkap penerimaan CPNS, hari ini, Selasa (16/11).

Pemkab Deliserdang belum mengumkan formasi CPNS, menunggu berkas formasi CPNS belum diteken bupati. “Belum tau universitas mana menjadi rujukan koreksi hasil seleksi CPNS Deli Serdang, belum ada ditetapkan,” ujar Kasubbdid Pengadaan Pegawai BKD Deliserdang Drs Syahrul MPd.
Menurut pria berkulit sawo matang itu, PTN yang bakan digandeng juga masih menunggu ketetapan, antara USU atau UNIMED.
Sedangkan Deli Serdang mendapat jatah formasi tahun 2010 untuk CPNS sekitar 213 orang yang terdiri dari 96 tenaga pengajar, 64 tenaga medis serta 53 tenaga teknis.

BKD Pemerintah Kota Tebing Tinggi juga menungu surat keputusan penerimaan CPNS 2010 diteken Pj Wali Kota, Eddy Syofian.

Kepala BKD Kota Tebing Tinggi, Amas Muda, mengungkapkan, secara umum kursi untuk Tenaga Guru tetap 66 orang, tenaga kesehatan menjadi 49 orang, sedangkan Tenaga Tekhnis 56 orang. Pengumuman rincian formasi baru akan dilakukan hari ini (16/11) di kantor BKD Jalan Yos Sudarso Kota Tebing Tinggi.
“Pendaftaran tetap tanggal 20 November. Tempat (pendaftaran) dan perincian formasi belum diumumkan. Tidak enak kalau saya bicara mendahului Pak Wali Kota, semua keputusan masih menunggu tanda tangan Pak Wali,’’ ujar Amas Muda sambil jalan menuju mobil dinasnya.

Pemkab Karo menerima 169 CPNS formasi tahun anggaran 2010.  Namun Kepala BKD Kabupaten Karo, Drs Kawar Sembiring mengatakan, pengumuman formasi masih menunggu tanda tangan bupati.
“Formasi penerimaan CPNS tahun ini, Guru 88 orang, Tenaga Teknis 49 orang, dan Medis 56 orang.  Pendaftaran, tangggal 20 Nopember sampai tanggal 4 Desember, via Kantor Pos.  Berhubung situasi  daerah, kita  tidak  melakukan pendaftaran melalui Internet. Belum memungkinkan bagi  kawasan pedesaan,” ucapnya mengakhiri.

Pemerintah Kota Binjai juga akan mengeluarkan pengumuman nomor 810-6858, tentang penerimaan CPNS Daerah Kota Binjai, hari ini, Selasa (16/11). Menurut Kepala BKD Kota Binjai, Amir Hamzah, masyarakat bisa melihat pengumuman di sejumlah ruang publik. Dalam pengumuman tertera lengkap syarat-syarat serta contoh surat lamaran.

Selama seleksi ini, Pemko Binjai melibatkan seluruh Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di Kota Binjai. “Kalau hanya BKD kami rasa akan kewalahan menampung para pelamar CPNS, makanya kami mengerahkan seluruh SKPD,” ujar Rusli, Kabag Humas Pemko Binjai.
(ril/ndi/mag-8/mag-15/btr/mag-3/wan/dan)

Lihat Formasinya di sini : Formasi CPNS Pemko Medan 2010

This entry was posted in Metropolis and tagged , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Alamat Pelamar CPNS Harus Jelas

  1. Ramlan P. Sianturi says:

    Kapan ya di buat formnat lamarannya. tolong dipercepat ya pak.

  2. sardo says:

    tolong di kirim format lamaranya ya Pak

    • MR.X says:

      cari sendiri, anda belum jadi pegawai saja sudah malas mencari, gimana nanti kalau jadi pegawai
      ga mungkin anda lulus kalau malas

Comments are closed.