Pencinta Kucing Persia di Kota Medan

Tiada kepuasan selain menyalurkan hobi. Itulah yang dirasakan Riza Puspa, pelajar SMA Negeri 1 Medan ini.  Di usianya yang remaja, setiap hari Riza mencurahkan perhatiannya kepada kucing-kucing istimewanya.

Sudah hampir lima tahun ini, Riza- sapaan akrab dara berkulit putih ini berhobi
ria memelihara dua kucing persia di rumahnya Jalan Bajak V Gang Abadi Medan.

Kedua kucingnya terlihat sehat, lucu dan menggemaskan. Dia merawat sendiri kucingnya, seperti layaknya merawat diri sendiri. Seperti manusia, kedua kucingnya juga turut dimandikan. Setelah dimandikan, kucing kemudian dilap agar airnya terserap dan kucing tidak kedinginan. Kemudian bulu kucing dikeringkan dengan hair dryer lalu disisir.

Perawatan yang juga penting dilakukan adalah pemotongan kuku. Ini dilakukan selain agar kuku kucing terlihat indah, juga untuk kesehatan.Riza mengaku, merawat kucing sudah menjadi hobinya. Makanya pantas saja jika setiap hari kedua kucingnya itu akrab. Yang satu nama kucingnya diberi nama Windi dan satu lagi Bobi. “Kucing-kucing ini kalau dipanggil langsung datang lho. Inilah saking dekatnya saya dengan kedua binatang ini,” tutur Riza.

Sepulang sekolah, dia langsung melihat kedua kucingnya yang dikandangkan di garasi mobil samping rumahnya. Sebab setiap hari kedua kucingnya dikandangkan dan diberi makan yang cukup. Namun kalau Riza di rumah, kedua kucingnya itu dikeluarkan.

“Kalau pas pagi dikeluarkan saya takut kucing itu hilang. Tapi kalau kalau saya di rumah saya keluarkan dan kami main-main bersama,” ujarnya.
Dia mengaku, memilihara kucing Persia berbeda rasanya dengan memelihara kucing kebanyakan. “Dulu saya pernah piara kucing biasa. Tapi negatifnya kalau dipegang dia menyakar. Tapi kalau kucing Persia ini dipegang dia tidak mencakar,” bebernya.

Atas dasar inilah, Riza mengaku suka memelihara kedua kucing Persia tersebut. Dia menceritakan, awal mulanya kucing Persia miliknya dibelikan orangtuanya dari Jakarta.

“Waktu itu Papa ada tugas kerja ke Jakarta. Lalu Papa membelikan kucing itu untuk saya,” ungkap Riza. Dia mengaku tidak tahu persis berapa harga kucing tersebut. “Sekitar satu jutaan gitu lah. Saya lupa,” sambungnya. Namun belakangan, karena kelihatan sepi lalu Riza meminta kepada orangtuanya membelikan kucing Persia untuk teman kucingnya sehingga saat ini dia memiliki dua kucing. 

Lantas adakah pengalaman selama merawat kucing tersebut? Ditanya begitu Riza menjawab ada. Waktu itu ceritanya, kucingnya kelihatan tidak bergairah. Bulunya banyak yang rontok sehingga dia kelihatan susah dan panik.
Akhirnya, bersama orangtuanya Riza membawa kucingnya tersebut ke dokter hewan. Sesampai di dokter hewan kucingnya tersebut diobati hingga  sembuh. “Ini punya kenangan tersendiri bagi saya ini,” kata Riza sambil menggendong dan mencium kucingnya.

Kalau soal makananya, tambah Riza dia selalu membeli makanan kucing di tempat penjualan makanan binatang di Jalan Patimura Medan.
Sekadar diketahui kucing persia dapat dikenali dari karakteristik bulunya, yaitu lebat, panjang dan tebal, tetapi sangat halus ketika diraba. Variasi bulu berpola teratur padu dengan warna bulu matanya yang indah dan menawan.
Sementara kucing Anggora adalah kucing berbulu lebat. Sedikit berbeda dengan kucing Persia di mana ukurannya sedikit lebih kecil, kucing Anggora bertubuh gemuk dengan mata yang menawan.

Harga kucing Persia dan Anggora bisa mencapai puluhan juta rupiah. Selain kepuasan yang didapat, mengembangbiakkan kucing ras unggulan, merupakan hobi yang dapat menghasilkan keuntungan. (dra)

This entry was posted in Berita Foto, Hobi. Bookmark the permalink.

5 Responses to Pencinta Kucing Persia di Kota Medan

  1. aku mau kucing kamu boleh?
    aku juga mau
    imut baget

  2. riza puspa says:

    hehehheehhehhe

  3. DITA says:

    IH… BOBY ,
    GEMEZ BGT..

  4. mumu says:

    cakep mpus nya..
    mirip dgn persia ak nih..
    betina lg nyari pejantan,da kebelet kawin…

  5. ellan tira says:

    sis…q punya kucing persia wrna abu” yg siap kawin.,..kucing mu da yg betina siap kawin gak…bibit q di jamin bagus deh…bisa di cek dulu..

Comments are closed.