Sistem Belajar Mandiri di Universitas Terbuka

Universitas Terbuka (UT) Medan di Jalan Peratun No 1 Medan, atau disebut juga Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) menggelar Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) untuk mahasiswa non pendidikan dasar (Pendas), Sabtu (5/9) lalu.

Pada kesempatan tersebut, yang mengikuti OSMB ini adalah mahasiswa non pendas yang terdiri dari 15 jurusan yang ada di UT. Adapun jurusan tersebut antara lain, Matematika, Manajemen, Administrasi Niaga, Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Akuntansi, Ilmu Pemerintahan, Perpajakan, Perpustakaan, Bahasa Inggris Penerjemah, Penyuluh Pertanian, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Pendidikan Kewarganegaraan.

“Untuk jurusan yang ada di UT seluruhnya ada 27 jurusan, sudah termasuk Diploma 3, Strata 1 dan Strata 2. Namun, untuk hari ini kami menggelar OSMB bagi mahasiswa non pendas yang dihadiri sekitar 315 orang mahasiswa,” jelas Kepala UPBJJ-UT Medan, Dr Asnah Said MPd, yang disampaikan Kepala Sub Bagian Tata Usaha UT, Dra Farida Hanum, kepada wartawan.
Lebih lanjut Farida mengatakan, OSMB tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih mendalam kepada para mahasiswa baru tentang UT. “Selain itu mahasiswa baru juga harus mempunyai kompetensi, kepribadian, dan keahlian berkarya dan mampu berinteraksi dengan masyarakat,” ujarnya.

Seorang mahasiswa, lanjut Farida, juga harus mampu menjadikan sumber lain untuk pemahaman mengenai sesuatu hal. Misalnya, konteks kehidupan sosial, politik sehingga akan lebih mudah untuk mengaplikasikan teori pendidikan tersebut dengan kehidupan sehari-hari. Sarana dan prasarana kampus yang telah tersedia juga harus dimanfaatkan mahasiswa semaksimal mungkin.

“Karena di UT sendiri, mahasiswa memang diajarkan untuk mandiri. Mereka membeli modul atau meminjamnya, dan itulah bahan mereka untuk menambah ilmu. Nah, mereka juga dituntut harus lebih intens belajar yang mengharuskan membentuk kelompok belajar,” terang Farida.
Di UT juga mempunyai sistem belajar yang menggunakan Tutorial Online. “Tutorial Online ini juga merupakan cara belajar melalui perantara media online yakni internet. Mahasiswa dituntut melek teknologi dan belajar sendiri melalui situs yang telah tersedia dengan berbagai panduan yang juga telah ada,” kata Farida.

Farida juga mengatakan, saat ini UT sedang bergerak menuju sistem belajar teleconference. “Dimana mahasiswa dapat belajar secara online yang dipandu staf pengajar dari kampus. Saat ini yang tersedia masih untuk staf pengajar yang mempunyai interaksi antara UT Pusat dengan seluruh UT yang terdapat di daerah di Indonesia,” jelasnya.(saz)

This entry was posted in Citizen. Bookmark the permalink.

One Response to Sistem Belajar Mandiri di Universitas Terbuka

  1. jemiker.sidabutar says:

    bagus juga sih menurut saya program UT, soalnya memberi kesempatan utk menambah ilmu di luar kesibukan sehari-hari, tapi gimana caranya program UT yang berada diluar negeri,tapi kita pendaftarannya di medan

Comments are closed.