Manfaat Limbah Tahu

Limbah padat dari pengolahan tahu yang berupa ampas bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak.  Adapun ternak yang bisa diberi pakan dari ampas tahu ini sebagai berikut.

  • Sapi
    Pemanfaatan ampas tahu sangat efektif, apalagi untuk sapi potong. Pertambahan berat badannya akan lebih cepat. Selain pertumbuhan lebih cepat, karkasnya bisa mencapai 60% dari berat sapi hidup. Biasanya, pakan ini dicampur dengan bekatul dan diberi air. Lebih baik lagi jika dicampur dengan ketela yang telah dicacah.
  • Kambing
    Selain mempercepat berat badan, ampas tahu ini bisa membuat rambut kambing lebih mengilat dan halus. Dengan asupan gizi dari ampas tahu ini, produksi daging ataupun susu kambing akan mengalami peningkatan.
  • Kelinci
    Kelinci yang diberi pakan ampas tahu juga mempunyai berat dan ukuran yang cukup signifikan. Apalagi buat kelinci pedaging, daging yang dihasilkan lebih banyak. Bulunya pun menjadi bersih.
  • Bebek
    Pada bebek, ampas tahu ini dapat diberikan sebagai pengganti konsentrat. Ini tentu saja bisa menekan biaya pemeliharaan. Ampas ini juga bisa membuat bebek lebih cepat tumbuh dan banyak bertelur.
  • Bandeng
    Pakan ternak dari ampas tahu ini memang jarang digunakan untuk peternakan bandeng. Tapi para pengelola tambak di daerah pesisir utara sudah mulai menggunakannya. Mereka lebih memilih ampas tahu karena harga pelet makin lama semakin melambung. (internet)

Berita terkait: