Honda CB 150 R Usung Konsep Moto GP

Honda mengeluarkan CB 150 R, sepeda motor sport berkonsep Moto GP. Menggunakan teknologi injektor kelas dunia, teknologi Honda PGM-FI, dan juga generasi motor yang berteknologi Moto GP. Mengusung motto ‘mencari laki-laki punya nyali’, motor ini semakin garang dan menawarkan speed tinggi.

Seorang karyawan PT Honda berfose disamping Honda CBR 150cc  tempatnya bekerja  Jalan Pemuda Medan, senin (18/2). //AMINOER RASYID/SUMUT POS

Seorang karyawan PT Honda berfose disamping Honda CBR 150cc di tempatnya bekerja di Jalan Pemuda Medan, senin (18/2). //AMINOER RASYID/SUMUT POS


Kepala operasional PT Indostar Sukses Motor Honda, Bambang mengatakan, motor yang keluaran baru ini memiliki mesin CBR 150 R, mengusung mesin DOHC, empat tak (katup) dengan enam tingkat kecepatan seperti mesin yang dipakai CBR150. Hanya saja, CB150R mempunyai rangka yang berbeda dengan CBR150. “Mesin ini juga memilik teknolgi moto GP, pelopor teknologi injeksi di Indonesia dan performance bertenaga,” ucapnya.

Desain kerangka motor ini memiliki truss frame atau trellis yang inovatif untuk menunjang kerja mesin dan suspensi yang lebih stabil, lincah dan nyaman. “Memang sekarang ini kami masih memperkuat seri sport, terutama dengan produk ini (CB150R),” kata Bambang.

Setelah memimpin pasar di kategori motor bebek dan skuter,  Honda Motor juga berambisi memimpin pasar di kategori motor sport dengan CB150R. “Model sport memberi kontribusi 10-12 persen bagi (penjualan total) Honda. Dengan yang baru ini, diharapkan (kontribusi naik) menjadi 14 persen,” katanya.

Dalam volume langkah memiliki 149,48 cm, sistem suplai bahan bakar memiliki bahan bakar injekasi serta memiliki pendingin meisin.

Selain mesin DOCH,  Honda CB150R dilengkapi rem cakram ganda, kombinasi spidometer digital-analog dan suspensi belakang tunggal (monoshock) dengan sistem prolink. Asupan bahan bakar sudah injeksi (PGM-FI) menghasilkan tenaga 17 PS pada 10.000 rpm dan torsi 13,1 Nm pada 8.000 rpm. Diklaim bisa “ngacir” sampai 122 kpj dengan akselerasi 0-200 m dalam 10,6 detik.

Beberapa fitur unggulan StreetFire di antaranya panel digital yang menampilkan berbagai informasi seperti speedometer, odometer, tripmeter, jam dan fuel meter dalam satu layar. Pelek palang enam berpola bintang menambah kesan sporty. Bannya juga sudah tubeless.

Untuk keamanan, CB150R dilengkapi pengaman kunci bermagnet. Pengereman lebih maksimal karena sudah dilengkapi rem cakram depan dan belakang. Walaupun memiliki teknologi yang canggih, motor ini  irit bahan bakar minyak (BBM) dan juga memiliki garansi komponen injeksi 5 tahun. “Servis mudah dan praktis di deler Honda karena ada 10 ribu bengkel umum yang siap PGM-FI),”ucapnya.

CB 150 R ditawarkan dengan empat warna elegan seperti speed white, linghting white, astro black dan furious red dengan harga Rp27.210.000. “Warna ini memang memilik warna yang sangat dominan pada laki-laki dan juga motor ini kebanyakan di pasarkan pada kalangan remaja dan dewasa,” ucapnya. (mag-19)

Menunggu versi Nakedbike

Desas-desus kehadiran Honda CBR250R versi telanjang (nakedbike) kembali berhembus. Sebuah majalah otomotif di Thailand mengungkap rendering wajah CBR250R nakedbike.

Konon kabarnya akan bernama CB250X atau CB250F. Menariknya, akan membuat debut di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2013 pada Maret mendatang.

Dalam rendering desain yang dirancang oleh Motocross Magazine terlihat ada perbedaan dengan versi CBR250R mulai dari lampu depan serta desain tangki bahan bakar serta tanpa ada fairing.

Untuk dapur pacu diyakini sama dengan CBR250R yakni mesin injeksi satu-silinder berkapasitas 250 cc disandingkan transmisi 6-speed. Kemunculan CBR250R tentunya akan bersaing dengan Kawasaki Z250.

Sebelumnya, versi telanjang dari Honda CBR150R telah hadir akhir tahun lalu dengan nama CB150R StreetFire. Diyakini pabrikan sepeda motor asal Jepang ini juga mempersiapkan versi nakedbike dari CBR250R.

Jika informasi ini benar, akankah CB250 akan menjadi penerus Honda Tiger untuk pasar Indonesia? Kita tunggu saja. (dp/tom)

Berita terkait:

FEATURE