Medan Siap Jadi Tuan Rumah PIN

MEDAN-Pemerintah Kota Medan telah siap menjadi tuan rumah Pekan Informasi Nasional (PIN) di Lapangan Merdeka Medan, 24-28 Mei 2013 yang akan dibuka oleh Menteri Kominfo Tifatul Sembiring.

Asisten I Pemerintah Kota (Pemkot) Medan Musaddad di Medan mengatakan, Medan sebagai tuan rumah telah menyiapkan berbagai fasilitas penyelenggaran PIN 2013.

Pemko Medan sendiri sebagai tuan rumah telah  menyiapkan 22 stand untuk meramaikan PIN yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Medan.

Di stand yang masing-masing berkuran 5 x 5 meter tersebut akan ditampilkan beragam informasi dan produk yang dikelola oleh dinas dan badan di jajaran Pemerintah Kota Medan.

Ia menjelaskan, dengan mengunjungi stand-stand tersebut masyarakat bisa memperoleh informasi lebih banyak tentang kegiatan dan kinerja pembangunan yang telah dan sedang dilaksanakan oleh masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Pemkot Medan. Pemkot Medan selaku tuan rumah penyelenggaraan PIN 2013, lanjutnya, saat ini sedang melakukan sejumlah persiapan tahap akhir.

Disebutkannya, acara pembukaan PIN 2013 akan diawali dengan kirab budaya nusantara dari Lapangan Benteng menuju Lapangan Merdeka Medan.

Ratusan peserta kirab budaya nusantara itu akan mengenakan pakaian khas tradisional dari delapan etnis di Sumatera Utara, antara lain Melayu, Karo, Nias, Tapanuli Selatan, Batak Toba, Simalungun, China dan India.

Selama penyelenggaraan PIN 2013 juga akan digelar festival budaya, seminar, lomba tingkat nasional, parade becak, dialog TV, forum pertemuan Bakohumas, sosialisasi internet sehat, dan pertemuan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Malaysia dan Brunei dengan KIM di Kota Medan.

PIN 2013 diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk memperkuat koordinasi antara lembaga kepemerintahan di daerah dan pusat melalui perkembangan teknologi informasi. (dya/adv)

Berita terkait:

FEATURE