Medan, Belawan, Deliserdang, Langkat, Tebingtinggi, Labuhanbatu Lulus 100 Persen

Sumut Peringkat 7 Tingkat Kelulusan Nasional

MEDAN- Dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ini Sumut masuk dalam peringkat 7 Nasional dengan persentase jumlah kelulusan 99,78 persen. Persentase tersebut sudah melebihi target kelulusan yang telah ditetapkan sebelumnya 99 persen. Pernyataan tersebut ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara, Muhammad Zein.

PENGUMUMAN: Seorang siswi  Sekolah Menengah Umum (SMU) sedang membuka lembaran kertas pengumuman  hasil Ujian Nasional diluar ruangan kelasnya  SMA Negeri 3 Medan, Jumat (24/5) kemarin. //AMINOER RASYID/SUMUT POS

PENGUMUMAN: Seorang siswi Sekolah Menengah Umum (SMU) sedang membuka lembaran kertas pengumuman hasil Ujian Nasional diluar ruangan kelasnya di SMA Negeri 3 Medan, Jumat (24/5) kemarin. //AMINOER RASYID/SUMUT POS


‘’ Alhamdulillah, Sumut dapat peringkat ke 7 Nasional dengan persentase 99,78 persen. Ini melebihi target kelulusan 99 persen yang telah ditetapkan sebelumnya,” ucap Zein didampingi Sekretaris Hendri Siregar dan Ketua Panitia UN, Yusri, Kabid PMPTK, Hyronumus Ghodang, Jumat (24/5) kemarin, sembari mengklarifikasi sekretarisnya Hendri Siregar yang menyatakan jumlah siswa yang tidak lulus Ujian Nasional (UN) mencapai 4.654 siswa di seluruh Sumatera Utara.

‘’Mohon maaf hasil kemarin yang disampaikan belum final, masih ada nilai siswa yang belum masuk. Kalau sebelumnya yang disampaikan siswa SMK yang tidak lulus mencapai 1.616. Untuk SMA/MA jurusan IPA mencapai 763, IPS berjumlah 2.196, Bahasa 10, serta jurusan keagamaan 6 siswa,’’ujarnya di Kantor Disdiksu Jalan Tengku Cik Ditiro, Jum’at malam (24/5) kemarin, sembari memohon maaf.

Muhammad Zein memaparkan lebih lanjut bahwa jumlah siswa yang mengkuti UN tahun ini untuk SMA/MA 117.208 dengan jumlah siswa yang tidak lulus 253 orang atau persentase 0,22 persen.  Untuk SMK yang mengikuti UN 82.426, siswa yang lulus mencapai 82.388, dan yang tidak lulus 38 siswa atau persentse 0.046 persen.

“Tidak ada sekolah yang seluruh siswanya tidak lulus,” bebernya. Lanjut pria Berkacamata ini, penyebab perbedaan informasi yang disampaikan sebelumnya karena sebahagain nilai UN siswa ada yang belum masuk. Nilai yang belum masuk disebabkan proses pemindahan yang cukup lama. Universitas Negeri Medan (UNIMED) yang melakukan itu cukup kerepotan. Pasalnya, Lembar Jawaban Komputer (LJK) foto copy harus dipindahkan secara manual ke LJK asli.

“ Butuh waktu yang cukup lama untuk memindahkan jawaban siswa dari LJK fotocopy kepada LJK asli,” tegasnya.

Dikatakannya lagi, bahwa informasi yang disampaikannya kali ini sudah keputusan akhir dan tidak akan ada perubahan lagi. Data yang disampaikan ini baru diterima dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pukul 15.00 WIB tadi (kemarin). Hasil yang baru diterimanya itu sudah langsung dikirimkan kepada seluruh Dinas Pendidikan Kabupaten Kota, “ Hasilnya juga sudah diberikan kepada siswanya masing-masing,” tuturnya.

Sementara  itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Parluhutan Hasibuan mengatakan siswa SMA/MA yang mengikuti UN berjumlah 22.559 dengan jumlah kelulusan mencapai 22.53. Sedangkan yang tidak lulus  28 orang.  Sementara itu tingkat kelulusan di beberapa daerah di Sumut seperti seperti Medan, Belawan, Langkat, Tebingtinggi,  tingkat kelulusan UN  mencapai 100 Persen. Begitu juga  di Kabupaten Labuhan Batu . Hal yang sama juga di Kabupaten Deliserdang tingkat kelulusan Ujian Nasional (UN)  mencapai 100 persen meskipun hanya  99,75 persen dari 8856 peserta UN.(mag-8/ian/rul/jok/jie/btr)

Berita terkait: